Perkembangan Motor, Tokoh dan Sejarah Perkembangannya
Bapak Sepeda Motor
Adalah Gottlieb Daimler, lahir di Schorndorf 17 Maret 1834, seorang ahli mesin berkebangsaan Jerman yang pertama kali berinovasi merakit sepeda motor pada tahun 1885 di negaranya Jerman. Tanpa begitu kita kenal, tapi sejarah perotomotifan mencatatnya sebagai Bapak Sepeda Motor.
Awal mula penciptaan karyanya ini, dia desain sebuah sepeda kayu dengan empat roda, dimana terdapat dua tambahan roda dibelalakangnya, yang kalo kita lihat seperti roda pada sepeda anak-anak, kemudian dipasang sebuah mesin dengan pembakaran sempurna. Dengan kecepatan 10 km per jam dan 700 – 900 putaran permenit, hasil ujinya ini ia perkenalkan dan kemudian test ride pada 10 Nopember 1885 dengan menunjuk putranya sebagai rider. Disinilah titik awal sejarah sepeda motor dimulai.
Harley Davidson
William Sylvester Harley, seorang insinyur lulusan universitas Wiconsin dan Arthur Davidson adalah dua sahabat yang merancang motor fenomenal sepanjang sejarah bernama Harley Davidson.
Awal sejarah motor HD (baca : harley davidson) dimulai pada era 1901 yang mana keduanya, harley dan davidson pada saat itu berusia 21 dan 20 tahun. Ide untuk membuat sepeda bertenaga mesin tercetus saat Harley bekerja sebagai juru gambar dan Davidson sebagai perancang pola di pabrik sepeda di Milwaukee, wiconsin.
Pada tahun 1903 bengkel pertama mereka dirikan yang kemudian mereka namakan ‘Harley Davidson Motor Co’. Sebuah motor baru berselinder tunggal dengan kekuatan 3DK berkelir hitam dan diberi nama HD DeDion pun tercipta. Karena cepat usang, rangka barupun Davidson rancang.
Tahun 1904 tren motor dengan bahan bakar bensin mulai diperkenalkan Davidson dan hasilnya sangat mencengangkan, masyarakat begitu meminatinya. Dua motor sekaligus mereka ciptakan.
V-Twin yang pertama adalah dengan memakai mesin dua silinder dengan konfigurasi huruf ‘V’ diciptakan pada tahun 1909. Inovasi ini, tercatat paling fenomenal dalam sejarah perkembangan HD. Dengan suara ngebass bergemuruh, sungguh memberikan kesan macho !
Pada tahun 1943, Harley meninggal akibat serangan jantung. Desember 1950, Arthur Davidson meninggal dalam kecelakaan lalu lintas. Enam belas tahun kemudian istri dan anaknya Davidson pun meninggal dalam kecelakaan yang sama, dalam kecelakaan mobil.
Vespa ( Si Lebah Besi )
Pada akhir perang dunia kedua, saat perekonomian Italia pada krisis paling terpuruk, seorang berkebangsaan Italia, Enrico Piaggio, mengambil alih perusahaan ayahnya Rinaldi Paggio yang awalnya memproduksi peralatan kapal, kereta api lalu beralih ke pesawat terbang, memutarhaluan untuk mendisain alat transportasi murah.
Terilhami teknologi pesawat terbang, dengan body alumunium seperti layaknya pesawat terbang dan diadaptasi dari roda pesawatnya juga, dibantu Corradino D’Ascanio Enrico, konstruksi suspensi mono shock memudahkan alat transportasi 150 cc ini saat penggantian ban.
Pada tahun 1945 vespa pertama kali diciptakan. Sedangkan namanya sendiri diambil dari kata ‘west’ yang artinya binatang penyengat ataw lebah. Sepintas, kalo dilihat dari atas, konstruksi vespa memang menyerupai binatang ini.
HONDA
Soichiro Honda lahir 17 Nopember 1906 di Hamamatsu, Shizuoko, Jepang adalah seorang industrialis tak bergelar ( drop out dari kuliahnya) yang mengalami kegagalan demi kegagalan pada awal karirya.
Tahun 1922 saat usianya 15 tahun ia bekerja di bengkel Hart Shokai company. Berbekal pengalaman membantu pada bisnis ayahnya sebagai reparasi sepeda, Honda muda begitu cekatan dan berprestasi di bengkel barunya. Dia juga sbg penggagas roda2 dari logam pada mobil yang awalnya dari kayu. Dan pada tahun 1937 Honda mematenkan karyaya tersebut dan bahkan telah diekspor ke seluruh dunia.
Honda mulai membuka Industri berat sendiri yang diberi nama Tokai Seiki Heavy Industri. Bengkel tersebut membuat piranti ring piston. Namun karena tidak memenuhi standard, piranti tersebut pun ditolak pihak Toyota. Dari kegagalan tersebut, Honda mulai kuliah lagi untuk mendapatkan ilmu dalam penyempurnaan penciptaan pirantinya. Berkat kegigihannya dan perkembangan ilmu yang dimilikinya, Toyota pun menerima pirantinya.
Gempa bumi dan pemboman Hiroshima menyebabkan pabriknya hancur. Honda pun mulai merintis usaha kembali sampe akhirnya pada tahun 1947 menjadi titik balik keberhasilan Honda. Honda mendirikan pabrik, dimana pada sepedadia pasangi motor kecil. Motor ini sangat diminati tetangganya. Dan dengan strategi pemasaran yang baik dan cerdas, motor ciptaannya ini mampu bersaing secara ekspor dengan Harley Davidson dan Triumph. Bahkan di Indonesia sendiri, motor keluaran Honda memiliki market sendiri dan paling atas pada jenis kendaraan roda dua. Pada tahun 1991 Soichiro Honda meninggal.
YAMAHA
Torakusu Yamaha lahir dari keluarga samurai di Nagasaki pada 20 April 1851.
Berawal sebagai interior instrument, dia menciptakan organ ciptaannya dibawah perusahaan Yamaha Fukin Manufacturing yang membuatnya terkenal dengan logonya Tiga Garpu Tala sekaligus menobatkannya ke pelosok dunia sebagai pencipta organ pertama di jepang.
Tahun 1955 dia mendirikan pabrik alat musik, Nippon Gakki di Hamamatsu dan juga membuat sepeda motor sebagai pengaplikasian ilmu yang awalnya dia dapat pada saat memproduksi baling2 pesawat terbang sebelum perang dunia dua. Motor pertama yang ia ciptakan adalah Atakombo ataw YA1 alias Red Dragon Fly ataw capung merah. Single silinder 2 stroke, berkekuatan 125 cc.
Tahun 1957 Yamaha menciptakan Twin Cylinder YDI 175 cc dan memenangkan Race Mount Asama di jepang dengan jumlah produksi 15.811 unit.
Tahun 1959 motor sport pertama ia ciptakan, YDSI, dengan 5 kecepatan gearbox.
Tahun 1960 produksi meningkat 6 kali lipat dan terkenal sebagai pabrikan pembuat motor 2 tak terbaik untuk varian YDS250 cc dan YRI 350 cc dengan penerapan sistem autolube untuk pencampuran oli secara otomatis.
Tahun 1970 yamaha telah menciptakan 20 jenis mulai dari 50 cc hingga 350 cc dan telah melebarkan sayapnya dengan mendirikan pabriknya di Thailand hingga terkenal dan diminati ke seluruh manca negara sampai sekarang.
SUZUKI
Michio Suzuki, adalah dibalik lahirnya motor pabrikan Jepang ini. Doktor lulusan Illionis USA ini awalnya sebagai pebisnis pembuatan alat tenun yang kemudian gulung tikar pada saat perang dunia II dan beralih ke motor.
Power free, tahun 1952, motor dengan ontelan dengan dibantu mesin yang memungkinkan pengendara untuk mengontel, kapasitas 35 cc, single cylinder, 2 stroke dengan 2 sprocket system adalah motor pertama yang ia ciptakan. Kemudian lahir Diamond free dengan engine 60 cc dan pada 1954 Colleda mesin 90 cc dengan single cylinder dan 4 stroke mampu memproduksi 6000 unit dalam sebulan.
Jenis keluaaran Suzuki Motor Co. Ltd diantaranya adalah Colleda 125 cc 4 stroke, Colleda ST 125 cc, T500 thn 1967, GT500 tahun 1977, GS750, GT750, GS 1000 tahun 1978, GSX 1000 1980, GSX 1100 katana tahun 1982, GSX R750, GSX R1100, GSX 1300R.
Mesin powerfull dengan gaya modern dan harga ringan menjadikan suzuki sukses dipasaran. Dan Sistem elektrik starter pada motor Colleda tahun 1954 adalah terobosan pertama yang sebelumnya belum digunakan oleh kompetiter2 lainnya.
KAWASAKI
Dibalik nama besar kawasaki yang makin pesat perkembangannya di Indonesia untuk jenis sport dan Trail, tercatat nama Shozo Kawasaki sebagai siempunya ide.
Kawasaki adalah pabrikan yang awal mulanya bergerak di bidang kapal, perakitan kapal, lokomotif, pesawat, motor, misil, kapal selam, super tanker dan pada PD II oleh sekutu dijadikan sebagai pembuat baja dibawah naungan Kawasaki Steel Corp.
Tahun 1949, karena kerjasamanya dengan BMW di bidang pesawat terbang, awal pertama kawasaki memproduksi motor roda dua dengan mengadopsi teknologi BMW jerman. Lahir motor dengan kekuatan 2 stroke 60 cc, kemudian 4 stroke 150 cc dan 250 cc.
Perlu diketahui, Kawasaki dianggap sebagai ‘king of Four Stroke’ oleh Honda, Yamaha dan Suzuki.
Jenis keluaran Kawasaki diantaranya, Z97 ( 500 cc rocker-valve, 250 cc, 350 cc), single cylinder dan twin cylinder 650 cc dan 500 cc, W1650 tahun 1966 dengan power 47 HP pada 6500 RPM, W1SS dengan exhaust muffler tahun 1967, W3 sebagai penyempurnaan W2SS yang mengadopsi dual disc front brake pada tahun 1973, W tahun 1974, A1 250 cc dan A7 350 cc.
Untuk pemasarannya sendiri di Indonesia, kawasaki termasuk paling pesat untuk motor jenis sportnya dan punya kelas tersendiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar